1680219794-workshop-latihan-teater-bersama-teater-latihan-sado.png

Workshop Latihan Teater Bersama Teater Latihan Sado

SAMLOSIER (15/3/2023). Teater Sado Kuningan menggelar workshop dengan bertemakan "Latihan Teater Bersama Teater Latihan" di Lantai 2 Aula SMKN 4 Kuningan, kegiatan ini diikuti oleh 150 siswa/i dan kegiatan ini berkaitan dengan pembelajaran dalam memerankan karakter, berdrama dan ber-akting dalam sebuah pertunjukan teater.

Kegiatan workshop ini dibuka oleh Wakasek Bidang SDM yaitu Maman Lukmanul Hakim, S.Pd, disana juga terdapat beberapa dewan guru yang mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam sambutanya beliau berpesan “Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan para siswa/i mampu berkenalan dengan dunia teater dan menjadi tahu tentang dunia seni peran, semoga kalian yang tertarik dengan dunia seni peran dapat menjadi aktor”.

Dalam penyampaian materi, Ipan, S.Pd memaparkan tentang keteateran, seni mengolah vokal dan bahasa tubuh, sebanyak 5 peserta dari para siswa/i yang menghadiri kegiatan ini mendapat kesempatan untuk mencoba berlakon dengan narasi teks yang telah disiapkan. Usai menyimak materi, peserta disuguhi penampilan Teater Istunink yang menampilkan salah satu adegan Lakon Durum karya E.D Jenura. Pun mendapat respon positif dari peserta dan anggota Teater Sado.

Seletlahnya, para peserta disuguhi dengan praktik tata rias wajah untuk berteater dengan salah satu siswa dijadikan model karakter wajah kakek tua. Dengan keahliannya dalam hal tata rias, salah satu penggiat Teater Sado yaitu Risma memoles wajah sebelah kanan siswa tersebut dan wajah sebelah kiri dibiarkan tanpa polesan, agar terlihat perbedaannya.

Menurut salah satu dewan guru yang mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia Henky Pratama, S.Pd. Beliau mengatakan bahwa kegiatan workshop teater ini memberi pengetahuan dan pelajaran baru untuk siswa, mereka mendapat pengalaman langsung dari penggiat teater. Penggiat teater juga menjadi sumber belajar secara langsung untuk siswa dan menjadikan para siswa mengetahui akan pelajaran-pelajaran yang diterapkan dalam dunia seni peran serta workshop teater sesuai dengan kompetensi dasar dalam pembelajaran, yaitu memerankan pertunjukan seduai dengan isi naskah drama.