Logo

Detail Blog

1642747505-sidang-praktek-kerja-lapangan-pkl-tahun-pelajaran-20212022.png

Sidang Praktek Kerja Lapangan (PKL) Tahun Pelajaran 2021/2022

Kamis, 20 Januari 2022 Sidang Praktek Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan di SMK Negeri 4 Kuningan. Sidang PKL adalah moment yang paling ditunggu-tunggu oleh para siswa kelas XII, karena telah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) selama 3 bulan lamanya, dari bulan oktober sampai dengan bulan desember tahun 2021. Sidang kali ini, diikuti serentak oleh seluruh siswa kelas 12 dari 6 jurusan yang sudah siap menyerahkan laporan hasil praktek kerja lapangan yang sudah dilaksanakan 3 bulan yang lalu.

Sidang PKL kedengarannya sangat menyeramkan karena seolah kita telah melakukan kejahatan dan harus mempertanggungjawabkannya. Tapi, sidang PKL ini berbeda, sidang ini adalah kegiatan dimana kita mempresentasikan hasil dari praktik kerja lapangan yang telah kita laksanakan kepada penguji dari pihak sekolah dengan tujuan untuk mengetahui sebatas mana ilmu yang kita peroleh dari kegiatan praktek kerja lapangan tersebut. 

Terlihat, di lorong ruangan praktek dari masing-masing jurusan dipenuhi oleh seluruh siswa/siswi kelas 12 yang mengantri untuk masuk ke ruangan sidang. Dan perlu diketahui, pelaksanaan sidang ini betempat di masing-masing ruangan praktek tiap jurusan yang ada di SMK Negeri 4 Kuningan, untuk Jurusan TKRO bertempat di Bengkel TKRO, Jurusan TBSM bertempat di Bengkel TBSM, Jurusan RPL bertempat di Lab RPL, Jurusan OTKP bertempat di Lab OTKP, Jurusan AKL bertempat di ruang kelas dibawah Lab AKL, Jurusan TITL bertempat di Ruang Praktek Siswa CoE TITL.

Untuk pelaksanaannya dimulai dari pagi hari, waktunya disesuaikan menurut jurusannya masing-masing, selesainya pun tidak berbarengan dari jurusan yang satu dengan jurusan yang lainnya, ada yang selesai saat siang hari dan ada juga yang selesai sampai sore hari, tergantung dari berapa lama penguji menguji siswa/i dan berapa banyak siswa/i yang diujinya.

Dengan dilaksanakannya praktek kerja lapangan ini, diharapkan para siswa/i yang telah melaksanakan kegiatan ini selama 3 bulan lamanya dapat menemukan potensi atau kemampuan yang ada dalam dirinya sendiri, sehingga mampu menyesuaikan untuk siap terjun di Dunia Kerja yang sesungguhnya.