49ee3b0cabc35cfc2218642d55f71b22.png

Selamat Hari Pramuka

Sebagai pengingat, Pramuka itu merupakan akronim dari Praja Muda Karana. Bukan sekadar gerakan biasa, Pramuka ini turut berkontribusi dalam perjalanan bangsa Indonesia, Bahkan, Pramuka adalah salah satu organisasi yang memelopori berdirinya pergerakan nasional.

Mengutip dari situs resmi gerakan Pramuka, lahirnya gerakan kepramukaan ini nggak terlepas dari riwayat hidup pendirinya, Baden Powell. Pengalaman hidupnya yang pernah menjadi pembantu Letnan, pernah terkepung di Afrika selama 127 hari dan kekurangan makan, sampai pengalamannya mengalahkan Kerajaan Zulu di Afrika benar-benar membentuk kepribadiannya. Pengalaman itu ditulis Powell dalam sebuah buku berjudul Aids to Scouting, yang kemudian menyebar dengan cepat di Inggris, hingga akhirnya berdiri organisasi kepramukaan yang semula hanya untuk laki-laki degan nama Boys Scout.

Pada 1912, organisasi kepramukaan itu dikembangkan dan terbuka untuk perempuan. Tahun 1918, Powell membentuk Rover Scout untuk mereka yang telah berusia 17 tahun. Tahun 1920, Jambore Dunia pertama terselenggara di Olympia Hall, London, dan dihadiri oleh gerakan Pramuka dari 27 negara. Pada kesempatan itu, Baden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia.

Sumber Tulisan : http://www.bintang.com/lifestyle/read/3057349/selamat-hari-pramuka-kamu-sudah-tahu-sejarahnya

 

https://www.facebook.com/smkn4kuningan/

https://www.youtube.com/watch?v=ErPYtutlpFQ