1661478989-peringatan-hari-pramuka-nasional-ke-61.png

Peringatan Hari Pramuka Nasional Ke-61

SALAM PRAMUKA!!!!

Minggu, 14 Agustus 2022 merupakan peringatan Hari Pramuka di Indonesia yang ke-61. Melansir dari laman Pramuka.or.id, gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia.

Kata Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya. Kata “Pramuka” merupakan sebutan bagi Anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun). Kelompok anggota yang lain disebut anggota dewasa.

Lahirnya Gerakan Pramuka Indonesia berdasarkan adanya Kepanduan Nasional yang telah ada sejak tahun 1923. Namun, Gerakan Pramuka Indonesia mulai diresmikan pada tanggal 14 Agustus 1961 oleh Presiden Soekarno.

Dikarenakan jatuhnya hari pramuka bertepatan dengan hari minggu, maka SMKN 4 Kuningan memperingatinya pada Hari Senin, 15 Agustus 2022 bertepatan dengan kegiatan upacara bendera setiap hari senin. Bertempat di lapang belakang depan Aula Kebanggaan Warga SMKN 4 Kuningan, kegiatan tersebut dimulai pada pukul 07.00 WIB.

Pembina Ambalan Gatilumbung yaitu Kak Toto Sazali Tohir bertugas sebagai Pembina apel pada peringatan hari pramuka tahun ini. Seluruh peserta upacara termasuk dewan guru SMKN 4 Kuningan kompak dan seksama menyimak isi sambutan yang beliau sampaikan.

Kegiatan memperingati Hari Pramuka bisa dijadikan sebagai wadah untuk siswa-siswi SMKN 4 Kuningan melakukan kegiatan yang menarik dalam rangka mewujudkan tema hari pramuka di tahun ini yaitu "Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa" yang berarti dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat. Semoga seluruh anggota Pramuka semakin terlatih dan lebih banyak keahlian untuk bisa bertahan hidup di segala zaman.

Dokumentasi kegiatan : klik disini.