1665889922-perkemahan-penerimaan-tamu-ambalan-tahun-2022.png

Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan Tahun 2022

Haloooooo warga samlosierrr!!!! Ada berita baru nichhhh!!!!

Hari selasa sampai dengan hari kamis, tepatnya tanggal 04-06 Oktober 2022 selama 3 hari 2 malam. Pramuka SMK Negeri 4 Kuningan mengadakan kegiatan Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan (PPTA) yang berlokasi di Bumi Perkemahan Sidomba, Kuningan, Jawa Barat untuk para peserta didik baru. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan akhir dari kegiatan yang wajib diikuti oleh peserta didik baru, kegiatan sebelumnya yaitu MPLS, PLDS dan yang terakhir yaitu PPTA.

Kegiatan ini kembali diadakan setelah 2 tahun sebelumnya pandemi sedang marak-maraknya yang mengakibatkan rangkaian kegiatan yang wajib diikuti oleh siswa baru tidak terlaksana seluruhnya. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang harus diikuti oleh siswa baru untuk diterima menjadi anggota Gugus Depan (GUDEP) 11.061 dan 11.062. Keikutsertaan siswa baru dalam ekstrakurikuler Pramuka adalah wajib pada kurikulum pembelajaran yang terbaru, sehingga seluruh siswa baru kelas X secara langsung adalah calon anggota Pramuka di ambalan sekolahnya masing-masing. Oleh karena itu, ada semacam agenda kegiatan Pramuka yang menandai dikukuhkannya siswa baru kelas X menjadi anggota resmi Pramuka di Gugus Depan SMK Negeri 4 Kuningan. Tujuan diadakan kegiatan ini untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan kepada anggota pramuka, menanamkan kedisplinan dan kemandirian yang lebih baik bagi kelas X, melatih kekompakan antar anggota Pramuka.

Selain para siswa kelas X yang mengikuti kegiatan ini, Dewan Guru juga mengikuti kegitan ini untuk mengawasi para peserta didiknya selama di Bumi Perkemahan agar tidak terjadi hal yang diinginkan.

Pada hari pertama kegiatan PPTA diawali dengan proses registrasi peserta perkemahan pada pagi hari di Lapangan Upacara SMK Negeri 4 Kuningan. Kemudian para kakak senior Pramuka melaksanakan check in di lapagan. Setelahnya, para peserta menaiki mobil yang sudah disediakan oleh panitia untuk berangkat bersama menuju Bumi Perkemahan. Setelah semuanya tiba di Bumi Perkemahan. Upacara Pembukaan pun dimulai , kegiatan ini dibuka oleh Bapak Drs. H. Rosidin selaku Kepala SMK Negeri 4 Kuningan. Setelahnya Upacara Pembukaan selesai, kakak-kakak bantara Pramuka melanjutkan rangkaian kegiatan yang harus dilaksanakan oleh para tamu ambalan.

Keesokan harinya, para peserta bangun lebih pagi untuk melaksanakan apel, senam dan makan pagi dengan berbaris rapi dilapangan yang sudah disediakan, kegiatan selanjutnya yaitu para tamu ambalan kembali menerima arahan dari para kakak-kakak bantara, seperti lintas alam, lomba-lomba, outbound, pentas seni, api unggun dan renungan malam.

Hari terakhir, ditutup dengan Upacara Penutupan yang ditutup oleh Bapak Wawan Hermawan, S. Pd selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan (Wakasek Kesiswaan). Tepat pagi hari, seluruh peserta berbaris rapi di lapangan yang sudah ditentukan, berbaris sesuai regu masing-masing dengan diakhiri dengan pemberian lencana pada perwakilan tamu ambalan. Selanjutnya pembongkaran tenda dan membersihkan sampah yang ada di area perkemahan dan kegiatan ini ditutup dengan sayonara, berjabat tangan antara peserta dengan seluruh panitia PPTA yang terdiri atas gabungan OSIS, PRAMUKA, PMR dan ekstrakurikuler lainnya.

Dokumentasi kegiatan : klik disini.