1644451300-pelantikan-ekstrakurikuler-pencak-silat-tapak-suci-tahun-pelajaran-20212022.png

Pelantikan Ekstrakurikuler Pencak Silat Tapak Suci Tahun Pelajaran 2021/2022

Sabtu, 05 Februari 2022. Esktrakurikuler Pencak Silat Tapak Suci SMK Negeri 4 Kuningan mengadakan pelantikan kepada anggota baru ekstrakurikuler tersebut. Pelantikan ini diadakan setelah 6 bulan lamanya anggota baru menempuh tentang pelajaran, jurus 12 dasar dan sebagainya. Acara ini diselenggarakan selama 2 hari (05-06 Februari 2022), mengingat dengan kondisi seperti ini yang tidak memungkinkan untuk bermalam di sekolah, karena kegiatan di sekolah maksimal sampai jam 5 sore dan sebanyak 17 anggota baru akan dilantik pada kegiatan ini.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakasek Kesiswaan yaitu Wawan Hermawan, S.Pd yang mewakili Kepala Sekolah, Pimpinan Daerah (PIMDA) Tapak Suci Putera Muhammadiyah 143 Kabupaten Kuningan, para alumni, perwakilan dari setiap ekstrakurikuler, Pelatih sekaligus Pembina Ekstrakurikuler Tapak Suci SMK Negeri 4 Kuningan yaitu Meidi Dermawan dan pengurus, serta anggota baru Ekstrakurikuler Tapak Suci.

Dimulai dari pagi hari, dengan dibuka melalui Kegiatan Upacara Pembukaan, Wakasek Kesiswaan memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan pelantikan ini.

"Saya mewakili Kepala Sekolah, mengucapkan selamat kepada anggota baru yang akan dilantik pada hari ini dan biasanya pada sebelum-sebelumnya cukup banyak yang mengikuti ekstrakurikuler ini, tapi dilihat dari ekstrakurikuler yang lain juga sama menurun, karena memang covid ini mempengaruhi kepribadian dan juga karakter siswa karena mungkin nyaman dirumah sehingga siswa kurang bergairah untuk mengikuti ekstrakurikuler" ujar Wakasek Kesiswaan.

"Kegiatan pelantikan ini biasanya bermalam disekolah, tapi karena kondisi yang ada seperti sekarang ini, tidak memungkinkan untuk bermalam di sekolah dan semua kegiatan yang ada di sekolah maksimal sampai jam 5 sore" tambahnya.

Tidak hanya memberikan sambutan, tetapi sekaligus membuka secara resmi kegiatan pelantikan ini

"Dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim, pelantikan untuk anggota baru ekstrakurikuler Pencak Silat Tapak Suci saya resmikan, dibuka, mudah-mudahan Allah SWT memberikan kelancaran dan keberkahan dalam kegiatan ini, dan saya berpesan kepada seluruh anggota ataupun pengurus Ekstrakurikuler ini untuk menjalankan ikrarnya sebagai anggota Pencak Silat Tapak Suci serta mempunyai keahlian bela diri itu bukan untuk menjadi jagoan tapi manfaatkan bela diri itu untuk kemaslahatan umat"

Setelah sambutan dan peresmian oleh Wakasek Kesiswaan, selanjutnya sambutan dari Pimpinan Daerah (PIMDA) Tapak Suci Putera Muhammadiyah 143 Kabupaten Kuningan.

"Terima kasih kepada pihak sekolah dan ekstrakurikuler yang lain, yang sudah mendukung untuk ekstrakurikuler Tapak Suci ini dan kepada semua komponen yang ada dilingkungan ini, mudah-mudahan apa yang kita berikan untuk kegiatan ini Insya Allah mendapatkan pahala dan jadikan amal ibadah oleh Allah SWT, Aamiin. Dan juga, jika kita melihat media saat ini, kasus covid mulai melonjak lagi, tapi kita tetap hati-hati dan waspada, mudah-mudahan tidak sampai ke kita, dan saya setuju dengan ditiadakannya kegiatan ini hingga bermalam disekolah, karena mengingat dengan kondisi sekarang ini tidak memungkinkan untuk melakukan hal itu, serta kegiatan ini bukan untuk melawan arus kebijakan tetapi kita menyelaraskan kebijakan supaya sesuai dengan aturan yang berlaku dan semuanya untuk kesehatan, keselamatan dan kesuksesan, itu yang terpenting" ujar PIMDA Tapak Suci 143 Kabupaten Kuningan.

"Salam dari rekan-rekan pengurus PIMDA Di Kuningan untuk keluarga besar SMK Negeri 4 Kuningan khususnya ekstrakurikuler Tapak Suci, mudah-mudahan senantiasa berkesinambungan dan berbuat positif untuk almamater, dirinya, lingkungan dan keluarga. Tadi juga disampaikan kita bisa beladiri bukan untuk kesombongan tetapi untuk menguatkan kita, meyakinkan diri kita dan membela diri kita, keluarga, bangsa dan negara tentunya membela dalam hal positif untuk kita semua" tambahnya.

"Dan jangan lupa, ikrar itu bukan cuma hafalan, tapi juga diamalkan, semoga pelantikan siswa hari ini mudah-mudahan para siswa menjadi siswa yang sukses" tambahnya sembari mengakhiri.

Setelah sambutan dari Pimpinan Daerah (PIMDA) Tapak Suci Putera Muhammadiyah 143 Kabupaten Kuningan, selanjutnya sambutan dari Pelatihan sekaligus Pembina Ekstrakurikuler Tapak Suci SMK Negeri 4 Kuningan yaitu Meidi Dermawan.

"Pelantikan ini merupakan acara rutinan atau wajib yang biasa dilaksanakan pada ekstrakurikuler ini, jadi anak-anak yang sudah menempuh 6 bulan latihan itu menempuh tentang pelajaran yang pertama diajarkan jurus 12 dasar, sejarah dan juga sebagainya. Jika sudah ditempuh semua maka diwajibkan untuk pelantikan, untuk pelantikan itu sendiri secara tidak langsung artinya meresmikan, meresmikan bahwa kalian adalah anak-anak Tapak Suci SMK Negeri 4 Kuningan yang nanti akan bisa membanggakan sekolah kita tercinta, yaitu SMK Negeri 4 Kuningan. Jadi saya harapkan kepada anak-anak semua untuk bisa serius lagi untuk latihannya, kita jalin silaturahmi yang lebih baik lagi diantara kita yaitu kakak kelas, adik kelas dan juga saya. Kedepannya kita akan lebih-lebih lagi dalam mencari prestasi-prestasi lain yang Insya Allah akan membanggakan sekolah dan juga keluarga kalian terutama khususnya untuk orang tua kalian"

"Untuk SMK Negeri 4 Kuningan itu sendiri, untuk kejuaraan-kejuaraan yang lain tidak kalah saing dengan sekolah yang lain dan juga perguruan yang lain, untuk kita pada tahun-tahun kemarin sudah mengikuti 3 kejuaraan yaitu diantaranya ada Kesultanan dan juga Bumi Bandung Lautan Api, dan Alhamdulillah untuk 14 ataupun 12 orang yang kita kirimkan kesana mendapatkan juara semua, yaitu juara satu, dua dan tiga. Alhamdulillah tiga besar kita masuk, maka dari itu seriuslah dalam berlatih karena akan kita akan cari potensi dibalik bakat kalian, kita cari dan gali bakat kalian disini" tambahnya.

Upacara Pembukaan berakhir hingga siang hari, selanjutnya hingga hari kedua, para anggota baru mengikuti kegiatan selanjutnya sesuai dengan yang sudah ditentukan oleh panitia, seperti pemberian materi dan pendidikan, agar menjadi anggota yang tangguh dan bertanggung jawab, atas dirinya sendiri. 

Meski cuaca sedang tidak menentu, terkadang hujan, terkadang panas, tetapi tidak menyurutkan semangat para peserta untuk mengikuti kegiatan ini hingga selesai.

Diharapkan, dengan adanya anggota baru Ekstrakurikuler Pencak Silat ini, mudah-mudahan menjadi terobosan baru untuk ekstrakurikuler ini agar mendapatkan prestasi yang lebih banyak lagi, tak cuma hanya ditingkat Kabupaten dan Provinsi, tetapi hingga tingkat Nasional dan Internasional.