1648032159-pelantikan-ekstrakurikuler-palang-merah-remaja-pmr-wira-pelajaran-20212022.png

Pelantikan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) Wira Pelajaran 2021/2022

PMR memiliki peran dalam pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI, baik di sekolah maupun kelompok masyarakat. Sebagai bagian dari PMI, PMR Wira merupakan tingkatan tertinggi dari jenjang siswa, atau remaja dalam PMI. Di bawahnya terdapat PMR Mula yang setara dengan siswa Sekolah Dasar (SD) dan PMR Madya yang sejajar dengan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Sabtu, 12 Maret 2022. Esktrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) Wira SMK Negeri 4 Kuningan mengadakan pelantikan kepada anggota baru ekstrakurikuler tersebut. Acara ini diselenggarakan selama 2 hari (12-13 Maret 2022), mengingat dengan kondisi seperti ini yang tidak memungkinkan untuk bermalam di sekolah, karena kegiatan di sekolah maksimal sampai jam 5 sore dan sebanyak 21 anggota baru akan dilantik pada kegiatan ini.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakasek Kesiswaan yaitu Wawan Hermawan, S.Pd yang mewakili Kepala Sekolah, Pembina Ekstrakurikuler PMR Wira SMK Negeri 4 Kuningan yaitu Teguh Saputra, S.Pd dan perwakilan dari setiap ekstrakurikuler serta anggota baru Ekstrakurikuler PMR Wira yang akan dilantik.

Dimulai dari pagi hari, dengan dibuka melalui Kegiatan Upacara Pembukaan, Wakasek Kesiswaan memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan pelantikan ini.

"Saya mewakili Kepala Sekolah, mengucapkan selamat kepada anggota baru PMR yang akan dilantik menjadi anggota pada hari ini, setelah beberapa bulan kalian mengikuti beberapa macam kegiatan baik itu pendidikan, pelatihan bahkan pembinaan yang mungkin rutin setiap pekannya diadakan. Sehingga pada kesempatan pagi ini, kalian siap dilantik menjadi anggota resmi dari Ekstrakurikuler PMR Wira." ujar Wakasek Kesiswaan.

"Dari berbagai macam organisasi, maka salah satu organisasi yang sesuai dengan janji ataupun syarat bahwa memang yang namanya PMR ini merupakan organisasi sukarela, dimana organisasi ini mempelajari bagaimana membantu yang lain baik itu di lingkungan masyarakat ataupun sekolah terutama dalam berbagai kegiatan" tambahnya.

Upacara Pembukaan berakhir hingga siang hari dilanjutkan dengan materi-materi yang disampaikan oleh para pemateri yang sudah ditentukan untuk memberi materi tersebut, selanjutnya hingga hari kedua, para anggota baru mengikuti kegiatan selanjutnya sesuai dengan yang sudah ditentukan oleh panitia. 

Meski cuaca sedang tidak menentu, terkadang hujan, terkadang panas, tetapi tidak menyurutkan semangat para peserta untuk mengikuti kegiatan ini hingga selesai.

Diharapkan, dengan adanya anggota baru Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) Wira ini, mudah-mudahan semakin meningkatkan kepedulian remaja terhadap misi kemanusiaan serta menumbuhkan jiwa dan karakter sosial serta kesiapsiagaan bencana dapat tertanam dalam diri setiap anggota semenjak detik ini hingga ajal menjemput.