1648038967-pelantikan-ekstrakurikuler-pramuka-penegak-bantara-tahun-pelajaran-20212022.png

Pelantikan Ekstrakurikuler Pramuka Penegak Bantara Tahun Pelajaran 2021/2022

Sabtu, 20 Maret 2022. Dewan Ambalan Gatilumbung dan Nalasari , Gugus Depan 11-061 - 11-062 Pangkalan SMK Negeri 4 Kuningan mengadakan pelantikan kepada kakak kakak calon bantara yang telah menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU) untuk menjadi bantara.

Penegak Bantara adalah suatu tingkatan Syarat-syarat Kecakapan Umum pertama dalam satuan Pramuka Penegak sebelum Penegak Laksana. Golongan Pramuka Penegak yang belum menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) Penegak Bantara belum dianggap sebagai Pramuka Penegak dan disebut sebagai “Tamu Ambalan” atau “Tamu Penegak”.

Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib dilaksanakan guna untuk melanjutkan kepengurusan kakak kakak bantara sebelumnya serta untuk melanjutkan tugas pokok dewan ambalan sekaligus sebagai proses penyelesaian kecakapan umum tingkat penegak bantara. Perlu diketahui untuk mengikuti pelantikan penegak bantara ini, para calon sebelumnya telah menyelesaikan berbagai tugas yang termuat dalam syarat-syarat kecakapan umum (SKU) penegak bantara, yang terdiri dari 5 unsur pengembangan yaitu Spritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakasek Kesbantaraiswaan yaitu Wawan Hermawan, S.Pd yang mewakili Kepala Sekolah, Pembina Ekstrakurikuler Pramuka SMK Negeri 4 Kuningan yaitu kak Rusman, S.Pd dan perwakilan dari setiap ekstrakurikuler serta anggota calon bantara yang akan dilantik.

Dimulai dari pagi hari, dengan dibuka melalui Kegiatan Upacara Pembukaan, Wakasek Kesiswaan memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan pelantikan ini.

Turut hadir pula para purna ambalan dengan senantiasa memberikan doa dan bantuan sehingga kegiatan pelantikan pramuka penegak bantara ini berjalan dengan sukses dan terarah ditandai dengan selalu menunjukkan solidaritas dan loyalitas dalam setiap kegiatan pramuka SMK Negeri 4 Kuningan.

Diharapkan, dengan adanya kakak kakak anggota baru penegak bantara, kakak kakak bisa mengemban amanah yang telah diberikan dan menjadikan ekstrakurikuler pramuka menjadi organisasi yang semakin maju dan berkembang.