1632931788-verifikasi-in-house-training-iht-smk-pusat-keunggulan.png

Verifikasi In House Training (IHT) SMK Pusat Keunggulan

Selasa, 28 September 2021. Tim dari BBL Medan berkunjung ke SMK Negeri 4 Kuningan untuk Verifikasi Kegiatan In House Training (IHT) SMK Pusat Keunggulan.

Program Sekolah Menengah Kejuran Pusat Keunggulan (SMK PK) mendorong satuan pendidikan melakukan transformasi untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dan mengembangkan hasil belajar siswa secara holistik dalam upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Upaya pengembangan hasil belajar siswa secara holistik di satuan pendidikan dapat diwujudkan apabila kepala sekolah dan guru yang menjadi kunci dalam melakukan Restrukturisasi dan reformasi pendidikan memiliki kapasitas dan kompetensi yang kuat.

Pada Program SMK PK, kapasitas dan kompetensi tersebut ditingkatkan melalui pelatihan dan pendampingan. Kepala sekolah, pengawas sekolah, wakil kepala kurikulum, dan perwakilan guru kelas X, baik mapel umum maupun kejuruan, diberikan pelatihan pembelajaran dengan paradigma baru pada Pelatihan Komite Pembelajaran. Selanjutnya, komite pembelajaran akan menyamakan persepsi dan meningkati‹an pemahaman seluruh guru dan tenaga kependidikan dalam mengimplementasikan pembelajaran dengan paradigma baru melalui pelaksanaan In House Training (IHT) di satuan pendidikan masing-masing.

Mengingat pentingnya pelaksanaan IHT sebagai langkah awal untuk memberikan pemahaman secara mendalam kepada seluruh guru tentang implementasi pembelajaran dengan paradigma baru, maka Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Bidang Bangunan dan Listrik melakukan pendampingan kepada setiap SMK PK binaan melalui Pendamping IHT.

Pendampingan kegiatan IHT diharapkan dapat membantu Komite Pembelajaran dalam membuat perencanaan implementasi pembelajaran dengan paradigma baru di SMK PK. Laporan ini disusun untuk memberikan informasi secara mendalam terkait hasil kegiatan pendampingan IHT pada aspek persiapan, pelaksanaan, pelaporan, dan penyusunan rencana tindak lanjut. Pada laporan ini juga memuat  tentang kendala yang ditemukan selama IHT dan tindakan yang telah dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut.

Semoga hasil kegiatan pendampingan IHT dapat memberikan manfaat dalam peningkatan kompetensi Komite Pembelajaran, sehingga mampu memfasilitasi kegiatan IHT yang berdampak pada pemahaman séluruh peserta IHT terhadap pembelajaran dengan paradigma baru.

Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan Laporan Pendampingan IHT ini. Semoga laporan ini dapat digunakan sebagai dasar perbaikan kegiatan IHT dan pendampingan IHT di masa mendatang.

@kemdikbud.ri @kamivokasi @mitrasdudi @direktoratsmk @kursuskita @diktivokasi @dyandraacademy

#Mitrasdudi #Vokasi #VokasiKuat #MenguatkanIndonesia #SMKBisa #SMKHebat #MitraVokasi #SMKcakapdigital
#SMKCakapDigital2021 #smkn4kng