1619451138-ujian-praktik-pai-kelas-xii-tahun-ajaran-20202021.png

Ujian Praktik PAI Kelas XII Tahun Ajaran 2020/2021

Seperti pada biasanya, Ujian Praktik merupakan salah satu syarat kelulusan Siswa Tingkat Akhir atau Kelas 12, salah satunya adalah Ujian Praktik PAI (Pendidikan Agama Islam).

Ujian Praktik PAI ini dilaksanakan pada tanggal 19 April 2021 s.d 22 April 2021 pukul 08.00 s.d 12.00 WIB. Dikarenakan ujian ini diadakan dalam keadaan pandemi dan Ujian Praktik PAI ini tidak bisa dilaksanakan secara daring, maka pihak sekolah menyelenggarakan Ujian Praktik PAI ini secara luring dengan membatasi peserta yang hadir dengan memakai sesi setiap ujiannya dan tak lupa juga protokol kesehatan seperti 5M tetap dilaksanakan.

Untuk yang menjadi penguji pada ujian ini adalah:

  1. Drs. Taryono, M.Pd.i.
  2. Maman Lukmanul Hakim, S.Pd.
  3. Dadi Permadi, S.Hum.
  4. Dede Nuryaman, S.Pd.i.

Dengan materi ujinya yaitu:

  1. Membaca Ayat Suci Al-Qur'an, dan
  2. Praktik Ibadah Shalat Wajib.

"Dengan diadakannya Ujian Praktik PAI ini tujuannya yaitu untuk mengukur kemampuan siswa yang kaitannya dengan kemampuan atau atau keterampilan membaca Al-Qur'an, itu yang pertama, lalu yang keduanya yaitu untuk kemampuan praktik ibadah, tentunya ibadah yang wajib yang memang harus dikuasai setiap individu, untuk penilaian materi uji Membaca Ayat Suci Al-Qur'an yaitu ada 3 point penting, diantaranya adalah:

  1. Makhrojil Huruf yang berarti melafalkan huruf sesuai dengan tempat keluarnya huruf dan sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.
  2. Kelancaran, serta.
  3. Tajwid yang berarti hukum bacaannya.

Sedangkan, untuk penilaian materi uji Praktik Ibadah Shalat Wajib hanya untuk mengukur kemampuan ibadah ritual pribadi sehari-hari" Ujar Bapak Maman Lukmanul Hakim, S.Pd.

"Ujian Praktik PAI ini diadakan karena agama sebagai dasar dalam kehidupan beragama sebagai manusia religius atau spiritual" Tambahnya.