df9c5f5cec434438c63c3c9e66ed3a17.jpg

SMK Negeri 4 Kuningan Berqurban.

Qurban merupakan salah satu ibadah yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW yang asal muasalnya dari kisah Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S. Kata Qurban berasal dari bahasa Arab diambil dari kata “Qaruba” yang artinya mendekati atau menghampiri. Menurut istilah, Qurban adalah segala sesuatu yang digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT baik berupa hewan sembelihan maupun yang lainnya.

Hukum Qurban adalah Sunnah Mu’akkad dan merupakan syiar yang nampak bagi setiap muslim yang mampu untuk melestarikannya. Qurban dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah tepatnya setelah Sholat Idul Adha sampai tanggal 13 Dzulhijjah.

Pada tahun ini, tepatnya pada tanggal 13 Dzulhijjah 1438 H atau 09 September 2017 M, SMK Negeri 4 Kuningan melakukan kegiatan Penyembelihan hewan Qurban dengan menyembelih 1 ekor Sapi dan 2 ekor kambing, Kegiatan qurban tersebut dilakukan dengan menghimpun dana dari Warga SMK Negeri 4 Kuningan. Serta nanti dagingnya dibagikan kepada siswa - siswi SMK Negeri 4 Kuningan yang  kurang mampu dan warga sekitaran Campus SMK Negeri 4 Kuningan. Diharapkan dengan kegiatan qurban ini semakin terasah rasa empati kepada sesama dan semakin tebal keimanan dan ketaaatan kepada Allah SWT.