1637677260-penilaian-prestasi-kerja-kepala-sekolah-ppkks-tahun-2021.png

Penilaian Prestasi Kerja Kepala Sekolah (PPKKS) Tahun 2021

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2017 dan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 serta peraturan direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 26017/B.B1.3/HK/2018. Tentang Petunjuk teknis penugasan guru sebagai kepala sekolah (khususnya lampiran IV). dalam peraturan tersebut ada tiga istilah terkait dengan penilaian tugas sebagai kepala sekolah yaitu penilaian prestasi kerja, penilaian kinerja dan uji kompetensi kepala sekolah.

Penilaian Kinerja kepala sekolah adalah bagian dari penilaian prestasi kepala sekolah yaitu penilaian terhadap setiap butir kegiatan tugas kepala sekolah yang menjadi beban kerjanya dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan dan jenjang jabatanya.

Penilaian Prestasi Kinerja Kepala Sekolah (PPKKS) merupakan agenda rutin program dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat setiap tahunnya. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat kinerja atau prestasi kepala sekolah selama masa satu tahun yang dilakukan setiap akhir tahun di bulan November. Penilaian ini dilakukan untuk setiap kepala sekolah, khususnya untuk SMK Negeri 4 Kuningan. Penilaian kepala sekolah ini telah dilakukan oleh tim penilai dari pengawas Kantor Cabang Dinas (KCD) Wil. X Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, yaitu Dra. Hj. Aan Nurhasanah, M.MPd, dan Tamzil Handayani, S.Pd. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 23 November 2021.

Hal-hal yang dinilai dalam PPKKS ini yang semula merupakan delapan standar sekolah diintegrasi ke dalam 6 komponen kompetensi, yaitu, kepribadian, manajerial, dll. Dalam persiapannya Tim bekerja selama berminggu-minggu karen cukup banyak lampiran dan bukti-bukti fisik yang disiapkan. Persiapan ini sebenarnya antara tujuh standar tersebut saling berhubungan dan melengkapi dalam persiapan bahan-bahan dan bukti fisiknya.

Kehadiran kepala sekolah ditunjukkan dengan laporan kehadiran, baik yang didasarkan pada dasar hadir secara tertulis maupun secara elektronik, yang menunjukkan keaktifan Kepala Sekolah yang bersangkutan dan kinerja kepala sekolah dibuktikan berdasarkan Dokumen Fisik maupun Interview langsung ke Pengawas Sekolah, Tenaga Pendidik dan siswa yang ada di SMK Negeri 4 Kuningan.

Alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar tanpa ada hambatan apapun, hasil dari kerja keras tim PPKKS ini menjadi sebuah proses dan pembelajaran dari hasil yang nanti didapatkan. Harapannya semoga kedepannya kerja tim PKKS ini tetap solid dan semoga untuk tahun depan nilai yang lebih baik dari hasil evaluasi tahun ini.

@kemdikbud.ri @kamivokasi @mitrasdudi @direktoratsmk @kursuskita @diktivokasi @dyandraacademy

#Mitrasdudi #Vokasi #VokasiKuat #MenguatkanIndonesia #SMKBisa #SMKHebat #MitraVokasi #SMKcakapdigital#SMKCakapDigital2021 #smkn4kng