1643841691-pemilihan-ketua-dan-wakil-ketua-ii-osis-pilkosis-masa-bakti-20222023.png

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua II OSIS (PILKOSIS) Masa Bakti 2022/2023

Rabu, 2 Februari 2022. Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) SMKN 4 Kuningan mengadakan kegiatan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua II OSIS Masa Bakti 2022/2023. Kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan-kegiatan sebelumnya, yaitu debat dan orasi kandidat (penyampaian visi dan misi untuk menjelaskan program kerja yang akan dilaksanakan pada masa jabatan 2022/2023), juga merupakan salah satu Program Kerja dari MPK setelah berakhirnya masa tugas pengurus OSIS periode 2021/2022.

Tahapan-tahapan pemilihan Ketua OSIS dimulai dari pemilihan calon Ketua OSIS yang dipilih dari siswa/i kelas XI dan Wakil Ketua II OSIS dipilih dari siswa/i kelas X, yang mempunyai kecakapan dan jiwa kepemimpinan.

Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara yang berkedaulatan rakyat seperti yang dijelaskan dalam UUD 1945 pasal 1 ayat 2, bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat. Di mana rakyat memiliki sebuah kekuasaan yang diserahkan kepada negara untuk menjalankan fungsinya. Kedaulatan rakyat merupakan ajaran dari demokrasi, kekuasaan berada di tangan rakyat. Sehingga rakyatlah yang sepenuhnya memegang kekuasaan negara. Demokrasi dapat berjalan dengan baik jika didukung kesadaran yang memadai dari rakyat, penegakan hukum, dan infrastruktur yang baik.

Untuk menumbuhkan kesadaran demokrasi yang memadai dari rakyat termasuk generasi muda diperlukan adanya pendidikan demokrasi melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan (PPKn). Dalam rangka memberikan pendidikan demokrasi melalui pengalaman praktis, maka untuk pemilihan Ketua dan Wakil Ketua II OSIS SMKN 4 Kuningan Masa Bakti 2022/2023 dilakukan dengan sistem pemungutan suara oleh seluruh warga termasuk Wakasek, Guru dan seluruh siswa/i SMKN 4 Kuningan.

Setiap siswa/i diberikan kesempatan untuk melaksanakan pemilihan calon Ketua dan Wakil Ketua II OSIS. Diharapkan semua siswa menggunakan hak pilihnya dengan baik, sehingga tidak ada kecurangan.

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan bisa membekali siswa/i berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik. Siswa/i menjadi tahu bagaimana prosedur pemilihan umum yang benar dan Alhamdulillah...Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua II OSIS dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sportif dan bertanggung jawab serta tidak menimbulkan konflik setelah pelaksanaan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua II OSIS.

Semoga siapapun nanti yang terpilih menjadi Ketua, Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II OSIS, mampu bertanggung jawab dan bisa bekerja sama dengan pengurus OSIS lainnya untuk mewujudkan dan menjalankan program OSIS dengan lebih baik lagi, dan dapat menjadi teladan atau contoh yang baik bagi siswa/i SMKN 4 Kuningan.