1629128890-in-house-training-iht-smk-pusat-keunggulan-program-sekolah-penggerak.png

In House Training (IHT) SMK Pusat Keunggulan Program Sekolah Penggerak

Upaya peningkatan Sumber Daya Manusia baik pendidik dan tenaga kependidikan terus dilakukan oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Kuningan, Ramdan S.Pd, M.Si. Mulai dari kegiatan Bimtek dan pelatihan yang dilakukan secara daring oleh Kemendikbud melalui Guru Belajar dan Guru Berbagi melalui akun SIM PKB. Salah satu bentuk pelatihannya bertajuk Sekolah Penggerak, yang mengikutsertakan beberapa guru, sebagai wakil dari MGMP sekolah yang selanjutnya diharapkan dapat mengimplementasikan pelatihan tersebut minimal pada rekan-rekan satu sekolah atau SMK-SMK lain.

Program Sekolah Penggerak mendorong sekolah melakukan transformasi diri untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dan mengembangkan hasil belajar peserta didik secara holistik dalam upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila (P3). Pengembangan ini akan terwujud apabila Kepala Sekolah bersama guru memiliki kompetensi dan kapasitas untuk melakukan reformasi dan restrukturisasi pendidikan.

Pengimplementasian pelatihan di masa pandemi ini dilaksanakan selama 10 hari dan dibagi menjadi secara luring selama 5 hari dan daring selama 5 hari dengan dihadiri oleh guru yang mengajar mata pelajaran untuk kelas X dan Kepala Program tiap jurusan. Peserta IHT ini juga dibatasi dan tidak semua mengikutinya secara luring, tapi acara ini diadakan juga melalui daring, yaitu via Zoom Meeting guna mencegah penyebaran virus Covid-19 serta melaksanakan protokol kesehatan 3M. Kegiatan diawali dengan mengadakan pertemuan antara Kepala Sekola dan Komite Pembelajaran termasuk Pengawas Sekolah guna persiapan IHT secara keseluruhan, selanjutnya menganalisa hasil pertemuan dan pengambilan keputusan oleh Kepala Sekolah, penyusunan panitia beserta jadwal, sosialiasi implementasi, penyelenggaraan IHT, pelaporan, dan diharapkan peserta selanjutnya dapat menerapkan Pembelajaran Paradigma Baru di sekolah yang mengacu pada Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara.

#smkn4kng