1620394113-catatan-materi-kedua-dari-millenial-smartren-ramadhan-virtual-smk-negeri-4-kuningan-kamis-17-ramadhan-1442-h-29-april-2021-m.png

Catatan Materi Kedua Dari Millenial Smartren Ramadhan Virtual SMK Negeri 4 Kuningan (Kamis, 17 Ramadhan 1442 H / 29 April 2021 M)

Catatan Materi Kedua Dari Millenial Smartren Ramadhan Virtual SMK Negeri 4 Kuningan (Kamis, 17 Ramadhan 1442 H / 29 April 2021 M)
 
Materi: Keutamaan Al-Qur'an
Pemateri: Euis Herawati S. Pd
 
* Secara bahasa: bacaan/dibaca
* Secara istilah : Kalam Allah yg diturunkan malaikat Jibril Kepada Nabi Muhammad SAW, dengan bahasa Arab dianggap bernilai ibadah.
* Jadi dapat disimpulkan bahwa:
- Al Qur'an Kalamullah/firman Allah SWT.
- Al Qur'an bukanlah kata2 manusia, jin, setan, atau bahkan malaikat, bukan pula produk seorang penyair ataupun tukang sihir. Sebagaimana ditegaskan dalam Qur'an surat Al Haqqah, surat ke 69 ayat 40-43.
** Kemukjizatan Al Qur'an.
* Kemukjizatan berkaitan dengan kabar-kabar goib yg di bawa Al Qur'an yg kemudian terjadi sesuai dgn berita tersebut. Misalnya tercantum dalam Qur'an surat Ar-rum surat ke 30 ayat 2-3 yang artinya, bangsa Romawi telah dikalahkan,
"Di negeri terdekat dan mereka setelah kekalahan hanya itu akan menang".
* Kemukjizatan yang berkaitan dengan aspek susunan kata ibarah/ uslub tadaksional atau izaz Al badayani kemukjizatan sastrawi.
* Kemukjizatan yg berkaitan dgn aspek hukum dan reformasi seperti yg dilakukan oleh Rasyid ridho dalam bukunya "Al Wahyu al mudamadi" buku tersebut dibawa Al Qur'an untuk diwujudkan dalam kehidupan. Sehingga mustahil membaca dari bangsa yang buta aksara pula. Sementara isinya mengalahkan seluruh pemikiran yg dibawa filsub dan pembahasan.
* Kemukjizatan iilmiah atau izaz Al Ilmi yaitu petunjuk dan isyarat atas hakikat2 illmiah yg dikandung Al Qur'an yg belum diketahui manusia PD saat Al Qur'an diturunkan dan di anggap mendahului masanya
✓ Sementara menurut penelitian para sarjana ahli waterschop bahwa ayat2 yg mengandung pel.iilmu alam,baik alam Alawi ( atas) maupun sufi ( bawah), lebih dari 850, ayat. Adapun alam angkasa dan segala yg terletak di atas kita. Yang disebut dengan alam bawah adalah seperti ilmu bumi, ilmu tumbuh-tumbuhan, ilmu hewan, ilmu hitung, ilmu ukur, ilmu kimia. Dan lain-lain.
** Validitas Al Qur'an sebagai sumber hukum Islam
* Al Qur'an diturunkan oleh Allah swt,kepada Nabi Muhammad SAW dengan Islam mutawatir tidak ada yang dapat mengubah/mengganti nya karena Allah SWT telah menjamin / menjaganya, sehingga menguatkan bahwa Al Qur'an benar-benar firman Allah SWT. Kondisi ini tidak pernah terjadi pada kitab-kitab suci lainnya yg telah datang sebelumnya.
* Adanya kesahihan penisbahan Al Qur'an kepada Allah SWT juga diperkuat oleh dalil rasio yg kuat,yaitu jika Al Qur'an datang bukan dari Allah SWT maka sudah dipastikan banyak perbedaan dan kesimpangsiuran di dalamnya.
* Al Qur'an juga merupakan mukjizat yang terus lestari sepanjang masa baik lafal maupun redaksi,bahkan substansinya.Tidak ada yg mampu menghadapi tantangan Al Qur'an untuk mendatangkan satu suroh saja yang semisal dgn Al Qur'an.
* Dengan adanya keyakinan yg mendalam terhadap eksistensi Al Qur'an sebagai kitab terakhir yg paling lengkap dan sempurna maka mengambil ajaran yg terdapat didalamnya baik aqidah, ibadah, akhlak, serta etika merupakan kewajiban yg harus di ikuti.
** Keistimewaan Al Qur'an
* Al Qur'an terpelihara dari tahrif ataupun bahan dan tabil/ pergantian sesuai firman Allah SWT dalam Qur'an surat Al Hijr surat ke 15 ayat 9.
* Al Qur'an merupakan mukzijat dan tidak seorangpun mampu untuk mendatangkan yg semisalnya surat Yunus ( 38) di dalam Al Qur'an terdapat kisah-kisah yang nyata dan tidak bersifat hayalan seperti kisahnya Nabi Musa AS,Firaun,Nabi Isa AS,dan lain-lain.
* Al Qur'an memenuhi semua kebutuhan hidup manusia baik berupa aqiqah,ibadah,hukum muamalah,akhlak politik,ekonomi dan permasalahan2 kehidupan.lainny,yg dibutuhkan oleh masyarakat sudah jelas ada dalam Al Qur'an surat Al An'am surat ke 6 ayat ke 38.
* Al Qur'an memberitahukan perkar-perkara goib yang akan terjadi yang tidak akan diketahui, kecuali dengan Wahyu Allah.
* Al Qur'an menyeimbangkan antara kehidupan dunia dan akhirat, seperti dalam Al Qur'an surat Al Qosos surat 28 ayat 27.
* Al Qur'an juga sebagai hakim atas kitab-kitab sebelum nya sebagaimana firman Allah SWT.
* Al Qur'an akan memintakan syafaatnya kepada Allah SWT bagi orang yang membacanya.
* Al Qur'an adalah penawar/ obat hati dari penyakit syirik nigah dan sebagainya.
* Al Qur'an terjaga dari pertentangan / kontruksi nya yang ada didalamnya sesuai dengan firman Allah.
* Al Qur'an mendatangkan ketenangan dan Rahmat bagi siapa saja yg membacanya itu merupakan keistimewaan dari pada Al Qur'an.