1651156513-bubos-6-berirama-berbagi-dan-beramal-kepada-sesama.png

BUBOS 6 BERIRAMA (Berbagi dan Beramal kepada Sesama)

“Barangsiapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga” [HR.Tirmidzi]

Kegiatan BUBOS (Buka Bersama On The Street) 6 Berirama (Berbagi dan Beramal kepada Sesama) merupakan salah satu program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan dalam rangka memaknai Bulan Suci Ramadhan 1443 H / 2022 dengan mengusung tema "Bergaya" kependekan dari Berbagi Dalam Keragaman Budaya.

Kegiatan tersebut mewajibkan seluruh satuan pendidikan yang ada di wilayah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan untuk membuat Rantang Siswa (Nasi Kotak) yang dikhususkan bagi siswa yang mampu. Kemudian Rantang Siswa yang terkumpul akan didistribusikan kepada siswa yang kurang mampu atau kepada masyarakat yang membutuhkan di lingkungan satuan pendidikannya.

Begitupula hal nya dengan SMKN 4 Kuningan yang telah siap untuk ikut serta mensukseskan program BUBOS 6 Berirama yang telah di tetapkan oleh Dinas Pendidikan dan Kabudayaan Kabupaten Kuningan.

Pada tanggal 22 April 2022 Pengurus Pelajar (OSIS) beserta IRMA (Ikatan Remaja Masjid) Daarul Hidayah membagikan takjil ke warga sekitar kampus SMK Negeri 4 Kuningan dan pengendara yang lewat depan kampus SMK Negeri 4 Kuningan.

Dari hasil pengumpulan Rantang Siswa tercatat sebanyak 100 Rantang Siswa yang terkumpul dan 100 Rantang Siswa tersebut langsung didistribusikan kepada siswa-siswi SMKN 4 Kuningan dan masyarakat sekitar, 50 Nasi Kotak untuk siswa-siswi SMKN 4 Kuningan dan 50 Nasi Kotak untuk masyarakat sekitar.

"Program yang sangat bagus untuk menumbuhkan rasa Berbagi dan Beramal kepada Sesama kedalam jiwa siswa-siswi pada zaman sekarang ini. Mudah-mudahan program ini terus berjalan dan lebih ditingkatkan lagi, tidak hanya dilaksanakan di bulan Ramadhan tapi terus berlanjut pada bulan-bulan yang lain." Ujar Bapak Wawan Hermawan, S.Pd.

Selain membagikan takjil dan nasi kotak, kegiatan yang lainnya yaitu berbuka puasa bersama yang dihadiri oleh OSIS, MPK, dan IRMA SMKN 4 Kuningan, diadakannya buka puasa bersama ini diharapkan setiap organisasi yang ada di SMKN 4 Kuningan dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan didalamnya.