a667536a9f0f60782e2d3d087800c20d.jpg

Siswa SMKN 4 Kuningan Berjuang Dapatkan Sertifikasi Kompetensi

Siswa - Siswi Jurusan Administrasi Perkantoran SMKN 4 Kuningan mengikuti Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) untuk mendapatkan sertifikat keahlian.
Sertifikat ini sendiri dapat dijadikan bekal mereka dalam mencari pekerjaan nantinya, karena diawasi dan diuji secara ketat oleh tim penguji eksternal Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia (ASPAPI) Jawa Barat.
Selain itu, Setelah melaksanakan UKK mereka nantinya akan mendapatkan piagam, dan dari piagam itulah sebagai poin mereka untuk melamar pekerjaan setelah lulus nanti.

"Hasil UKK bagi para stakeholder dapat dijadikan sebagai acuan dan informasi atas kompetensi yang dimiliki si calon tenaga kerja (siswa lulusan SMK). Uji kompetensi keahlian pada siswa SMK terdiri atas ujian Teori Kejuruan dan ujian Praktik Kejuruan," ujar Dr. Budi Santoso, Salahsatu penguji eksterna (ASPAPI).
Hal serupa diungkapkan oleh ketua jurusan administrasi perkantoran Melasari,S.Pd, dalam hal persiapan jurusan telah mempersiapkanya jauh - jauh hari untuk UKK ini.
"Karena setiap tahun peraturan berubah-ubah, maka kami sering memberikan pelajaran tambahan bagi mereka dalam bentuk praktik," ujarnya.